Wisata Horor Lawang Sewu, Semarang

Wisata Horor Lawang Sewu, Semarang

Lawang Sewu berada di Kota Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya mudah dijangkau karena berada di tengah kota atau di depan Tugu Muda Semarang. Bangunannya kokoh dan bergaya Eropa klasik. Dari depan, anda akan bisa menangkap, bangunan tua ini menyimpan cerita dan sejarah yang cukup panjang.

Disebut Lawang Sewu karena bangunan ini memiliki pintu dan jendela yang sangat banyak. Karena terlalu banyak, maka orang-orang langsung menyebutnya pintu seribu atau dalam bahasa jawa adalah Lawang Sewu. Lawang Sewu sendiri sudah ada sejak tahun 1907. Bangunan klasik ini dulu dipakai sebagai kantor kereta api Belanda.

Memiliki arsitektur gothic yang menarik dan terlihat sangat kokoh, itulah Lawang Sewu. Tidak perlu AC untuk mendinginkan seluruh ruangan yang ada di bangunan ini, karena tersedia ruang bawah tanah yang khusu menyimpan air. Nantinya, air tersebut akan masuk ke dalam pori-pori tembok bangunan hingga seluruh ruangan akan terasa sejuk.

Namun sayang, fungsi ruang bawah tanah sebagai penyimpanan air berubah saat Jepang merebut kekuasaan Belanda. Ruang bawah tanah menjadi penjara atau tempat tawanan para tahanan hingga kemudian berubah menjadi angker. Anda bisa mengunjungi ruang bawah tanah jika ingin dengan membayar sekitar Rp 10.000 dan didampingi pemandu wisata Lawang Sewu, tertarik?

Setelah Indonesia merdeka, fungsi Lawang Sewu pun dikembalikan menjadi kantor Kereta Api Indonesia atau KAI. Oleh karenanya, anda akan melihat sejarah yang berhubungan dengan kereta api Indonesia di sini. Untuk masuk ke wisata Lawang Sewu, anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Ada tour guide yang akan memandu anda dengan harga Rp 30.000. Sedikit tips, jika anda datang sendiri, anda bisa ikut dalam suatu rombongan agar hemat biaya tour guide.

Anda akan diajak berkeliling Lawang Sewu hingga ke lantai paling atas bangunan ini. Jika dulu Lawang Sewu dikenal karena wisata horornya, saat ini, Lawang Sewu berusaha memperkenalkan lebih menonjol dari sisi sejarahnya. Lawang Sewu memang pernah menjadi lokasi syuting sebuah acara TV Nasional yang berbau mistis, tapi terlepas dari hawa horornya, Lawang Sewu masih mempesona dari sisi sejarah dan arsitekturnya. Petualangan Indonesia.

Leave a Comment.