Candi Prambanan: Wisata ke Komplek Candi terbesar di Jawa

Candi Prambanan Wisata ke Komplek Candi terbesar di Jawa

Berada di pertengahan jalur Yogyakarta – Solo, Prambanan adalah kompleks candi peninggalan budaya Hindu terbesar di pulau Jawa. Seni pahat yang diabadikan di candi Prambanan benar-benar menunjukkan keindahan seni budaya Hindu.

Diperkirakan candi-candi di komplek Prambanan ini dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Sailendra, yand didedikasikan kepada dewa-dewa dalam budaya Hindu yaitu Brahma, Wisnu, dan Shiwa.

Pada gempa besar tahun 2006 Prambanan menderita kerusakan yang cukup besar. Banyak blok-blok batu yang pecah karena jatuh. Saat ini Prambanan sudah masuk dalam daftar World Heritage UNESCO, sama seperti candi Borobudur. Baca Juga Green Canyon Body Rafting Menjelajahi Arus Sungai Bertebing.

Aktifitas

Candi Shiwa Mahadewa, candi yang terbesar di kompleks Prambanan. Akses wisatawan ke candi ini sangat dibatasi, tidak diizinkan untuk berada sangat dekat dengan candi. Di candi ini wisatawan bisa menikmati legenda Ramayana yang menceritakan penculikan Shinta pada relief dinding candi.

Candi Wisnu, lokasinya di sebelah utara Candi Shiwa. Wisatawan disuguhi kisah legenda Krishna tokoh epic dalam cerita Mahabharata pada relief di dinding candi.

Candi Brahma, episode akhir dari kisah Ramayana diceritakan di dinding candi Brahma. Candi ini cukup unik dengan gerbangnya yang berbentuk mulut.

Ballet Ramayana. Di sebelah barat dari kompleks utama, wisatawan bisa menikmati kisah Ramayana yang disajikan dengan bentuk drama-tari. Drama ini bisa berlangsung hingga empat malam, dan diadakan setiap 2 atau 3 kali antara bulan Mei – Oktober. Ballet Ramayana dimulai pukul 7.30pm sampai 9.30pm, tiket bisa di beli di kantor pariwisata Yogyakarta. Petualangan Indonesia.

Leave a Comment.