Eksotisme Green Canyon Atau Cukang Taneuh

Eksotisme Green Canyon Atau Cukang Taneuh

Green canyon atau cukang taneuh merupakan aliran sungai Cilujang yang menembus gua dengan stalaktik dan stalakmit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan sehingga menyajikan eksotisme tersendiri.Disini anda juga bisa berenang melawan arus deras sungai cilujang ataupun lompat dari ketinggian 6-7 meter di atas permukaan sungai.

Green canyon adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.Sekitar 130 km jika dari pusat kota ciamis atau jika dari pangandaran sekitar 31 km.Green Canyon sendiri sebenarnya mempunyai nama asli cukang taneuh,nama green canyon dipakai setelah di populerkan seorang wisatawatan asal Perancis pada saat ia berkunjung tahun 1993.Dinamakan Green Canyon karena tempat tersebut mirip dengan Grand Canyon yang berada di Arizon.

Untuk menuju lokasi Grand Canyon dapat dicapai dengan perahu yang berada di dermaga Ciseureuh.Untuk satu perahu yang berisi 6-7 orang, anda harus membayar Rp 77.500,00 (agustus 2012) dan itupun sudah termasuk tiket masuk.Namun menurut petugas setempat harga tersebut akan naik 100 % bulan desember 2012.Pada hari jumat obyek wisata ini hanya buka setengah hari yaitu dari jam 13.00 hingga 17.00 sehingga hanya disediakan 300 tiket.Namun selain hari jumat buka dari pagi hingga sore hari dan disediakan 600 tiket.

Nah, setelah puas menikmati Sunrise Di Pantai Pangandaran, kami langsung menuju ke Green Canyon Atau Cukang Taneuh ini. Suasana disini sangat ramai, karena bertepatan dengan libur lebaran. Bahkan untuk membeli tiket harus mengantri sampai ke jalan. Karena saking ramainya hanya berselang satu jam saja tiket sudah habis terjual,sehingga banyak pengunjung yang sudah kehabisan tiket. Setelah mengantri tiket hingga berdesak-desakan, ternyata harus menunggu lagi untuk pemberangkatan. Dan setelah menunggu kurang lebih tiga setengah jam akhirnya tiba juga gilirannya.Ketika pertama kali menginjakan perahu, suasana hijaunya air, serta aliran air sungai yang lambat sudah memanjakan hati.Perjalanan menyusuri sungai dengan perahupun di mulai.Jarak dari dermaga hingga lokasi green canyon dapat dicapai kurang lebih 20 menit.Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan yang cukup membuat anda betah berlama-lama di perahu.Hijaunya pepohonan di kanan dan kiri sungai dipadu dengan hijaunya sungai menyajikan keindahan yang sulit dilupakan.Sesampainya di Green canyon, bukit yang menjulang tinggi,stalaktit dan stalakmit di beberapa sudut,gemricikanya air yang jatuh dari atas serta hijaunya air sungai menyatu menjadi harmoni lukisan alam yang mempesona.

Beberapa fasilitas juga tersedia disini,seperti tempat parkir,toilet,mushola yang berada di dermaga dan juga pelampung yang terdapat di setiap perahu.Waktu yang pas untuk berkunjung ke obyek wisata green canyon adalah musim kemarau,karena jika musim hujan warna air akan berubah menjadi kecoklatan.

Demikian cerita petualangan kami ketika mengunjungi kota ciamis jawa barat, dan malamnyapun kami berempat kembali ke cilacap, dan esoknya baru kembali ke Yogyakarta. Petualangan Indonesia.

Leave a Comment.