Pesona Situ Patengan Di Ciweday, Danau Di Tengah Kebun Teh

Pesona Situ Patengan Di Ciweday, Danau Di Tengah Kebun Teh

Setelah puas jalan-jalan ke kawah putih, tidak ada salahnya untuk bermain-main dulu di sekitar kawah putih. Yap, Kawasan Ciwedey di Bandung Selatan memang sangat cocok untuk dijadikan tempat rekreasi bersama teman maupun keluarga. Pasalnya disini terdapat beberapa tempat menarik yang bisa anda kunjungi. Selain Kawah Putih yang menjadi primadona dikawasan ini juga terdapat beberapa obyek wisata lainya ,salah satunya adalah situ patenggang atau sering disebut situ patengan.

Situ dalam bahasa sunda berarti danau.Sedangkan patengan berasal dari kata pateang-teangan yang berarti saling mencari.Konon terdapat dua manusia bernama Ki Santang jatuh cinta kepada Dewi Rengganis yang sangat cantik. Setelah berpisah sekian lama, mereka bertemu kembali di situ patengan ini.Tempat bertemunya Ki Santang dan Dewi Rengganis kini disebut Batu Cinta.Danau Patenggang ini terletak di  ketinggian 1600 meter diatas permukaan laut.Sehingga anda akan merasakan sejuknya udara disini.Suasana disini tambah menarik dengan adanya pohon teh yang mengelilingi danau.

Pesona Situ Patengan Di Ciweday, Danau Di Tengah Kebun Teh memang memberikan kepuasan tersendiri bagi setiap pengunjungnya. Ketika saya berkunjung beberapa waktu lalu,saya dibuat takjub dengan pemandangan selama perjalanan menuju obyek wisata situ patengan ini. Jalan yang berkelok-kelok yang membelah kebun teh serta pegunungan yang menjulang tinggi di sisi kiri dan kanan jalan membuat perjalanan terasa nikmat.Untuk masuk ke situ patengan anda harus membayar tiket dengan harga Rp 6.000,00 per orang.Obyek wisata situ patengan ini memang tak seterkenal dengan obyek wisata di bandung lainya seperti kawah putih maupun gunung tangkuban perahu.Namun pemandangan yang disajikan disini tak kalah menariknya.Sesampainya di Situ Patenggang sebuah danau yang luas serta air yang cukup tenang akan menyambut kedatangan anda.Di  jalan-jalan sekitar danau  terdapat beberapa toko yang menjual makanan serta pernak-pernik perhiasan.Di tepi danau terdapat beberapa perahu yang siap mengantar anda mengelilingi danau ini.Untuk menggunakan perahu tersebut anda harus pandai-pandai menawar agar mendapatkan harga yang tak terlalu mahal.

Tempat yang menjadi favorit adalah lokasi batu cinta yaitu tempat bertemunya Ki Santang dan Dewi Rengganis.Sebuah lokasi yang berada di tengah danau dengan sebuah batu besar yang menjadi panandanya. Batu inilah yang disebut dengan Batu Cinta.Jika ingin mengunjungi Batu Cinta , Anda dan rombongan bisa menggunakan perahu dayung dengan ongkos Rp 130 ribu pp  yang bisa ditawar hingga setengah harga.

Untuk mengunjungi tempat ini anda membutuhkan waktu kira-kira 2 jam dari kota bandung. Untuk jalan menuju Situ Patengan, anda bisa keluar dari pintu tol Kopo atau Buah Batu lalu menuju ke arah selatan Bandung. Beberapa petunjuk jalan menuju Ciwidey atau Kawah Putih bisa Anda ikuti untuk menuju tempat ini. Waktu yang tepat untuk menikmati Pesona situ patengan Di Ciweday adalah pada pagi hari. Karena Perpaduan birunya langit serta hijaunya kebun teh menghasilkan pemandangan yang mempesona.

Demikianlah Petualangan Indonesia cerita saya di bandung, walapun sangat singkat akan tetapi memberikan kesan yang mendalam dan semoga saya masih diberi kesempatan untuk mengunjungi kota kembang tersebut.

Leave a Comment.