Berwisata Sambil Berpetualang Di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Berwisata Sambil Berpetualang Di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Bukit Barisan merupakan deretan pegunungan di barat pulau Sumatera. Deretan pegunungan tersebut memanjang dari Lampung sampai ke Aceh. Sebagian gunung yang masuk dalam bukit barisan merupakan gunung api. Total terdapat 35 gunung api di bukit barisan.

Gunung berapi yang paling besar adalah Toba yang berada di tengah Danau Toba. Gunung Api Toba bukan gunung api biasa tetapi sebuah gunung api super. Selain itu, masih ada  satu gunung api super yang lain di dekat Sumatera yakni gunung Krakatu di Lampung. Tetapi gunung Krakatau saat ini sudah tidak ada karena meletus pada 1883 dan sekarang tinggal Anak Krakatau.

Bukit Barisan terbentuk karena aktivitas tektonik bawah tanah. Di bawah Bukit Barisan, ada sebuah sesar Sumatera di mana tekanan yang ditimbulkan dapat menyebabkan munculkan beberapa gunung api. Sesar itulah yang merupakan penyebab gempa di pulau Sumatera.

Bagian Bukit Barisan yang ikut masuk di propinsi Lampung adalah TNBBS atau Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Taman nasional ini memiliki luas 3568 km persegi. Saking luasnya, TNBBS juga termasuk dalam wilayah Bengkulu dan Sumatera Selatan. Tetapi 70 persen luasnya secara administratif termasuk wilayah Tanggamus dan Lampung Barat.

TNBBS adalah rumah untuk hewan – hewan langkap seperti kelinci Sumatera, gajah Sumatera,dan harimau Sumatera. Kawasan ini juga menjadi habitat bunga terbesar di dunia yakni bunga Rafflesia Arnoldi yang sering dikenal sebagai padma raksasa atau bunga bangkai.

Bunga ini ditemukan pertama kali di wilayah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan lebih tepatnya di Bengkulu tahun 1818. Sejak saat itu, telah ditemukan beberapa kali padma raksasa yang lain di kawasan taman nasional, khususnya di Sukaraja Atas, Lampung Barat.

Walaupun padma raksasa juga berbau, tetapi yang disebut dengan bunga bangkai atau suweg raksasa itu merupakan varietas yang berbeda. Memang cukup membingungkan karena keduanya sama – sama langka, besar, dan tumbuh di TNBBS.

Bunga bangkai dapat ditemukan di daerah Kaur di Bengkulu dan Lampung Barat. Berhubung kawasan taman nasional ini memiliki kekayaan alam yang luar biasa baik satwa maupun flora yang ada di sana, kawasan taman nasional ini telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Ketika berkunjung ke Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, ada beberapa spot menarik yang dapat dikunjungi. Karena TNBBS ini sangat luas, spot tersebut tersebar di berbagai bagian berbeda dari TNBBS seperti daerah Tamplang dan Tambling, Sukaraja yang menjadi wilayah konservasi hewan liar.

Di Tambling ada 2 danau yang dapat dikunjungi. Ada pula pantai di daerah Belimbing. Mengingat daerah Tambling penuh dengan hewan liar dan padang rumput, aktivitas yang sering dilakukan di sini adalah safari. Jadi Anda dan rombingan dapat bersafari menggunakan mobil berkeliling padang rumput Tambling dan melihat berbagai satwa. Waktu yang paling tepat berkunjung ke sini adalah malam karena saat itu hewan – hewan tersebut berkeliaran di alam terbuka. Petualangan Indonesia.

Leave a Comment.