Indahnya Pemandangan Taman Wisata Bukit Kelam

Indahnya Pemandangan Taman Wisata Bukit Kelam

Jika Anda masih kebingungan untuk mencari tempat wisata yang tepat untuk berlibur nanti, Anda bisa mempertimbangkan kota Pontianak sebagai tempat wisata yang tepat bagi Anda dan keluarga. Pontianak memberikan beberapa tempat wisata yang menarik dan salah satunya adalah Taman Wisata Bukit Kelam.

Anda tidak perlu khawatir dengan namanya karena tempat wisata di Pontianak ini menyuguhkan pemandangan yang sangat memukau dan memanjakan mata. Tidak heran jika pemandangan di tempat ini sangat memukau karena lokasinya yang berada di ketinggian mencapai kurang lebih 900 meter dari atas permukaan laut (mdpl).

Lokasinya juga sangat luas yaitu berukuran hingga mencapai 530 hektar. Selain pemandangannya yang indah, udara di taman wisata bukit kelam juga sangat segar. Nama “kelam” sendiri diambil dari nama kecamatan di sebelah timur kota Pontianak yaitu kecamatan Kelam Permai. Jika Anda memulai kunjungan ke tempat wisata di Pontianak ini melalui kabupaten Sintang maka jaraknya mencapai 19 kilometer.

Walaupun lokasinya bisa dibilang di pedalaman namun jalan menuji Taman Wisata Bukit Kelam sangat bagus dan mulus sehingga sangat aman untuk Anda yang memutuskan untuk mengendarai kendaraan roda empat. Jika dihitung maka Anda hanya memerlukan waktu setidaknya 30 hingga 35 menit untuk sampai ke tempat wisata tersebut dari Sintang.

Kelebihan lain dari Taman Wisata Bukit Kelam adalah area parkirnya yang sangat luas dan aman sehingga kendaraan roda empat dapat leluasa berhenti. Kemudian, Anda bisa meninggalkan kendaraan tersebut sejenak untuk mulai mengeksplorasi taman wisata ini. Angkutan umum pun tersedia mulai dari bis, travel, ataupun taksi sehingga Anda tetap bisa berkunjung ke tempat wisata ini walaupun tidak membawa mobil pribadi.

Contohnya, Anda bisa menggunakan bis dengan tarif yang bervariasi mulai dari Rp. 200.000 hingga Rp. 300.000 per orang. Harga tersebut tergantung dari kelas bis yang Anda tumpangi. Sembari menikmati indahnya salah satu tempat wisata di Pontianak ini, Anda juga akan disuguhi legenda yang berkaitan dengan Bukit Kelam ini.

Legenda tersebut adalah legenda Bujang Beji dan Tumenggung Marubai. Kedua orang tersebut merupakan ketua nelayan di mana Bujang Beji menguasai daerah Sungai Kapuas. Sedangkan, Tumenggung Marubai menguasai Sungai Melawi. Bujang Beji merencanakan tindakan kejahatan karena tangkapan Tumenggung Marubai selalu lebih banyak dari kelompoknya.

Ia ingin mengangkat batu besar dari puncak bukit Nanga Silat. Sayangnya, di tengah perjalanan konsentrasinya terpecah karena dewi khayangan sehingga batu tersebut justru terbenam di area yang disebut dengan Jetak. Batu tersebut lama kelamaan tumbuh dan menjadi Bukit Kelam. Selain pemandangan yang indah dan udara yang segar,

Anda juga bisa menikmati beberapa jenis tanaman langka. Tanaman tersebut sangat jarang ditemui di tempat lain, seperti meranti, bangeris, tengkawang, kebas-keba, kantong semar, dan lain-lain. Belum lagi, Anda juga akan melihat beberapa binatang unik seperti beruang madu, trenggiling, kelelawar, dan alap-alap. Petualangan Indonesia.

Leave a Comment.