Kuliner Khas Surabaya Ini Sayang Untuk Dilewatkan

Kuliner Khas Surabaya Ini Sayang Untuk Dilewatkan

Kuliner di daerah Surabaya juga tidak kalah apabila dibandingkan dengan kuliner lain di Indonesia. Makanan khas Surabaya juga terkenal akan rempahnya yang khas dan rasanya yang gurih. Banyak juga yang berpendapat bahwa makanan khas Surabaya selalu bikin ketagihan bagi orang yang menikmatinya. Lantas, apa saja sih andalan kuliner khas Surabaya yang sayang untuk dilewatkan? Berikut akan penulis bagikan mengenai kuliner khas Surabaya :

1. Sate Klopo

Sate klopo dalam bahasa Indonesia berarti sate kelapa. Sate ini terbuat dari daging yang juga dicampurkan jeroan dan lemak sapi. Keunikan dari sate ini adalah dilumuri parutan kelapa yang sudah dibumbui khas Surabaya sebelum dibakar. Hal inilah yang membuat aroma tersendiri bagi daging yang ada didalamnya.

2. Sego Krawu

Sego krawu ini berasal dari Gresik, dekat dengan Surabaya. Sego krawu terasa lebih nikmat dikarenakan adanya lauk seperti semur daging, jeroan sapi, serundeng, dan sambal terasinya yang nikmat. Kuliner Sego krawu ini lebih nikmat disantap ketika masih pagi atau menjelang sarapan. Bumbu gurihnya pasti akan memanjakan lidah anda, dan jangan sampai melewatkan makanan ini.

3. Rujak Cingur

Rujak cingur memang sangat terkenal di daerah lain. Tapi, rujak cingur khas Surabaya ini memiliki rasa yang khas dan pas. Rujak cingur berisi sayuran, lontong, buah dan kemudian dicampur dengan bumbu rujak yaitu kacang dan petis. Dan satu lagi yang unik, yaitu menggunakan cingur (hidung kerbau) sebagai bahan utama dari rujak ini.

4. Tahu Tek

Kuliner ini bisa dibilang sederhana, tapi menjadi icon khas Surabaya. Makanan ini sangat sederhana isinya yakni tahu goreng, kentang, dan lontong yang dibalur petis yang sudah di bumbui diatasnya. Sayurannya pun terdiri dari kecambah dan seledri yang ditaruh diatasnya. Lebih nikmat lagi jika dimakan bersama kerupuk udang dan dinikmati selagi hangat.

5. Tahu Campur

Tahu campur, sesuai dengan namanya memanglah bahan utamanya tahu yang kemudian dicampur dengan bahan lainnya seperti kikil sapi, tauge, perkedel dan selada. Tahu campur juga lebih lezat jika dinikmati dengan krupuk.

6. Pecel Semanggi

Pecel ini hampir bisa dikatakan punah, karena jarang ditemui lagi. Pecel semanggi dibuat dengan tanaman daun semanggi yang bisa dimakan. Pecel ini sama seperti pecel pada umumnya, namun yang menjadi ciri khas adalah menggunakan daun semanggi sebagai sayurannya.

Gimana? Kuliner khas Surabaya tersebut sangat sayang untuk dilewatkan bukan ketika anda berkunjung ke Surabaya? Kebanyakan makanan khas Surabaya menggunakan petis yang membuat rasanya semakin gurih manis dan nikmat. Harga dari makanan khas Surabaya juga bisa dibilang bersahabat loh dan tidak akan mengurang kantong anda. Demikian artikel yang bisa penulis bagikan, semoga bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Leave a Comment.